Saat pertama kali belajar menyetir, salah satu yang membuat saya takut adalah saat saya harus putar balik di jalan yang cukup ramai. Mengapa menakutkan? Karena saya mudah panik, butuh keberanian untuk membelokkan mobil dengan sedikit menghambat kendaraan-kendaraan lain di belakang yang terus mengklakson, dan kadang harus memotong arus jalan pengendara lain yang berlawanan arah dengan saya, yang memelototi saya dengan kesal karena merasa perjalanannya terganggu. Proses memotong jalan itu sangat tidak nyaman untuk saya ketika itu, sebab apabila panik, seringkali saya buru-buru melepas kopling tanpa diimbangi gas yang hasilnya mesin mati, atau kurang tepat mengukur seberapa banyak saya harus memutar setir, yang akhirnya membuat mobil saya mentok di trotoar, lalu saya harus memundurkannya dan membelokkannya kembali. Merepotkan.
Karena itu, saya sering memilih untuk nggak putar balik di tempat ramai itu dan jalan terus, lalu nanti belok kanan di perempatan, lalu belok kanan lagi di perempatan selanjutnya.
Padahal, proses berputar haluan dengan memotong jalan itu paling lama hanya berlangsung lima menit. Tapi saya sering memilih memutar ke jalan yang jauh demi menghindari senewen karena diklakson sana-sini.
Ada satu hal yang saya lupa, bahwa saya akan merasa lega sekali saat telah berhasil berputar haluan dan menghemat waktu karena tidak harus membelah setengah kota untuk mencapai tujuan yang bisa saya capai dalam lima belas menit, apabila saya mau berputar balik meskipun harus menebalkan telinga dari klakson-klakson yang mengganggu itu.
Lambat laun, seiring bertambah canggihnya kemampuan menyetir saya, putar balik tidak menjadi masalah lagi. Pun ketika saya dihujani klakson, saya tetap percaya diri di belakang kemudi. Toh saya tidak melanggar lampu lalu lintas. Toh yang saya potong jalannya bukan ambulans atau iring-iringan gubernur dengan voorijder.
Dan yang lebih penting, toh saya yang menyetir dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap mobil dan arah tujuan saya. Klakson-klakson dan suara teriakan akan selamanya berada di luar sana, tak akan ada yang bisa menyakiti saya.
Karena itu, saya sering memilih untuk nggak putar balik di tempat ramai itu dan jalan terus, lalu nanti belok kanan di perempatan, lalu belok kanan lagi di perempatan selanjutnya.
Padahal, proses berputar haluan dengan memotong jalan itu paling lama hanya berlangsung lima menit. Tapi saya sering memilih memutar ke jalan yang jauh demi menghindari senewen karena diklakson sana-sini.
Ada satu hal yang saya lupa, bahwa saya akan merasa lega sekali saat telah berhasil berputar haluan dan menghemat waktu karena tidak harus membelah setengah kota untuk mencapai tujuan yang bisa saya capai dalam lima belas menit, apabila saya mau berputar balik meskipun harus menebalkan telinga dari klakson-klakson yang mengganggu itu.
Lambat laun, seiring bertambah canggihnya kemampuan menyetir saya, putar balik tidak menjadi masalah lagi. Pun ketika saya dihujani klakson, saya tetap percaya diri di belakang kemudi. Toh saya tidak melanggar lampu lalu lintas. Toh yang saya potong jalannya bukan ambulans atau iring-iringan gubernur dengan voorijder.
Dan yang lebih penting, toh saya yang menyetir dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap mobil dan arah tujuan saya. Klakson-klakson dan suara teriakan akan selamanya berada di luar sana, tak akan ada yang bisa menyakiti saya.
Comments
Post a Comment